Pulse Generator

Pembangkit detak atau Pulse Generator pada prinsipnya hanyalah sebuah pembangkit detak (oscilator), dengan tambahan pengatur lebar pulsa dan pengatur frekuensi. Untuk membangun sebuah pembangkit detak (oscilator) tidak sulit. Satu IC gerbang ditambah kapasitor dan resistor jadilah oscilator.

Ide dari pulse generator adalah satu pembangkit detakfrekuensi tinggi, pembagi frekuensi dan Pengatur lebar detak. Frekuensi detak 100Khz dibagi 10 untuk mendapatkan keluaran alternatif dan dapat dibagi menurut keperluan. Keluaran yang terpakai di masukan pada blok pelambat (delay) dan keluaran nya akan menjadi masukan bagi rangkaian pengatur lebar detak (Pulse Width Generator), untuk mengatur-atur bentuk gelombang agar didapat frekuensi dan bentuk gelombang yang diperlukan .

Rangkaian dapat dibangun menggunakan Flip-Flop 74HC74 sebagai pembangkit detak (oscilator), decade counter 4017 sebagai pembagi, dan tambahan gerbang NAND atau gerbang OR dapat digunakan untuk pelambat (delay) dan pengatur lebar detak (pulse width generator).

Bangun dan uji rangkaian blok per blok. Awalnya bangun rangkaian pembangkit detak dengan Flip-Flop 74HC74. Setelah jalan, bangunlah rangkain pembagi 4017. Lanjutkan dengan pelambat dan pengatur lebar detak.

Cara menggunakan Flip-Flop, pembagi dan gerbang dapat di lihat pada lembaran data (Data Sheet). Salah satu web yang menyediakan www.alldatasheet.co.kr.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: