Light Dependent Resistor

Light Dependent Resistor atau yang biasa disebut LDR adalah jenis Resistor yang nilai nya berubah seiring intensitas cahaya yang diterima oleh komponen tersebut. Biasa digunakan sebagai detektor cahaya atau pengukur besaran konversi cahaya.Light Dependent Resistor, terdiri dari sebuah cakram semikonduktor yang mempunyai dua buah elektroda pada permukaannya.
Pada saat gelap atau cahaya redup, bahan dari cakram tersebut menghasilkan elektron bebas dengan jumlah yang relatif kecil. Sehingga hanya ada sedikit elektron untuk mengangkut muatan elektrik. Artinya pada saat cahaya redup LDR menjadi konduktor yang buruk, atau bisa disebut juga LDR memiliki resistansi yang besar pada saat gelap atau cahaya redup.

Pada saat cahaya terang, ada lebih banyak elektron yang lepas dari atom bahan semikonduktor tersebut. Sehingga akan ada lebih banyak elektron untuk mengangkut muatan elektrik. Artinya pada saat cahaya terang LDR menjadi konduktor yang baik, atau bisa disebut juga LDR memiliki resistansi yang kecil pada saat cahaya terang.

LDR dengan Transistor sebagai saklar.

Namun perlu juga diingat bahwa respon dari rangkaian transistor akan sangat tergantung pada nilai LDR yang digunakan. Lebih tinggi nilai tahanan nya akan lebih cepat respon rangkaian. Saya lebih menyarankan untuk menggunakan Op-Amp.

Akan lebih mudah mengatur respon rangkaian bila kita gunakan Op-Amp sebagai penguat atau saklar pada rangkaian LDR. Kita bisa gunakan berbagai jenis Op-Amp yang tersedia. Kalau tersedia jenis CMOS atau yang lain tidak akan mempengaruhi penampilan LDR pada rangkaian.

Tergantung pada aplikasi rangkaian yang akan kita rakit. Apakah keluaran Op-Amp akan tinggi saat LDR tidak mendapat cahaya atau Keluaran Op-Amp akan mencapai tegangan supply pada saat LDR mendapat cahaya. Gunakan rangkaian dasar Op-Amp Inverse atau Non-inverse.

Pada penggunaan LDR dengan gerbang TTL atau CMOS, maka saya sarankan untuk memberi penguatan sebelum inputan TTL atau CMOS. Transistor atau kah Op-Amp yang kita gunakan mana yang baik dan mudah bagi anda.

Advertisements

9 Responses to Light Dependent Resistor

  1. numada says:

    bagus, bisakah Anda mengirimkan skema rangkaian LDR yang bisa digunakan pada motor stater mobil untuk saya melalui E-mail (mohon segera di kirim kan jawaban Anda)

  2. Bowo says:

    bos boleh minta gak skemanya dan nilai masing” komponennya tolong kirim ke e-mail ya. thanks

  3. arnol david says:

    respect buat infonya, saya mau nanya, kalau untuk cahaya yang intensitasnya sangat kecil seperti led, ldr yang bisa dipakai untuk mendapatkan respon yang tinggi
    , ldr apa ???
    tolong dijawab yah, ke email saya…..
    terimakasih sebelumnya////

  4. bayu handiko says:

    pak saya berencana akan menggunakan teknologi LDR dalam menghitung dejad kehitaman suatu film (densitometer) jadi ada led yang menyala kemudian menembus film kemudian diterima ldr ataupun led kmbali. dan nilai perbandinagn sinar yang keluar setelah dan melewati film akan dikonversikan pada seven segment. minta tolong di berikan bagaimankah rangkaian elektonikanya. senelumnya terimakasih banyak.

  5. bayu handiko says:

    ralat “dejad” > derajad

  6. Ambri says:

    Good banget bwt menambah wawasan tentang rangkaian Elektronika. Trim’s awalnya saya ngga tau nama alat untuk sensor cahaya d lampu darurat saya, sekarang saya tau. tapi menurut anda LDR akn menjadi konduktor jika menerima cahaya, jadi d lampu darurat saya rangkaiannya menggunakan inverter sebagai pembalik arus.

  7. ucil says:

    ms bisa gk kirimkan skema rangkaiannya???? soalnya mau buat tugas skolah!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: